February 14, 2008

mengenang yang tak sempat tinggal

Posted in Stories at 6:16 am by monyet

“KLENG KLENG KLENG KLENG…..!!!!” Bel penanda waktu makan siang berbunyi sudah. Suaranya begitu tajam menusuk telinga jika Arab yang membunyikannya. Sudah dua tahun dia bertugas membunyikannya namun tidak juga ia bisa menciptakan suara yang halus, atau setidaknya enak didengar, seperti ketika benda itu dulu ada dalam pegangan Bito. Bagusnya, suara yang begitu menusuk telinga itu segera menyadarkan kami dari kenikmatan dahaga. Kenikmatan tiga kali sehari yang terasa begitu singkat karena hanya berlangsung lima belas menit. Read the rest of this entry »

January 22, 2008

jonathan strange & mr. norrell [novel]

Posted in reviews at 4:45 am by monyet

Buku yang dapatkan dari Efi merupakan salah satu dari sekian banyak buku retur yang terdapat di gudang toko buku Aksara. Terus terang, saya sangat senang mendapat buku baru tapi ada juga rasa heran kenapa buku yang saya pegang itu terdapat di gudang sedangkan masih ada beberapa yang dipajang di rak dengan harga lebih dari 200 ribu rupiah. Tanpa pikir panjang, saat itu juga segera saya masukkan si buku ke dalam tas selempang. Read the rest of this entry »

January 6, 2008

sampah

Posted in a one fine day at 5:02 am by monyet

dua bulan yang lalu, ewa dan gue duduk berdua di kantin lama kampus [psiko ui].
kam terdiam melhat seorang bapak tua yang berjalan ke sana kemari mengambil botol dan gelas plastik yang teronggok di meja-meja, lantai, dan tempat sampah.
masih bapak itu bekerja, kami berandai-andai untuk menyediakan tempat khusus untuk sampah botol dan gelas plastik untuk mempermudah kerja sang bapak–dan orang-orang sepert dirinya. Read the rest of this entry »

December 4, 2007

Cerita dari Kain

Posted in Stories at 5:59 am by monyet

Aku ingat ketika dia lahir. Langit begitu cerah, bunga-bunga bermekaran, dan burung-burung bernyanyi. Begitu pula tentunya kedua orang tuaku. Semua seakan berseri menyambut dirinya. Senyumnya begitu lebar, tawanya yang renyah mengundang semua untuk ikut tertawa bersamanya. Tidak heran jika semua menjadi begitu berseri berada di sekitarnya. Read the rest of this entry »

December 1, 2007

Desember

Posted in a one fine day at 2:02 pm by monyet

Satu Desember. Ah… sebentar lagi natal.
Kalau mengacu ke kalender Gereja Katolik, sekarang tuh uda masuk masa Advent.
Advent tuh artinya penantian. Penantian akan apa? Yang jelas sih penantian akan kelahiran Yesus yang diyakini nantinya akan menjadi penyelamat semua umat manusia, atau [menurut interpretasi sempit] bangsa Israel. Kalau mau diaplikasikan secara luas, masa advent bisa saya artikan sebagai masa penantian akan tahapan yang baru.
Desember, bulan penghujung di setiap tahun. Berarti sebentar lagi kita akan memasuki tahun yang baru. Hitungan masuk lagi ke nol. Melangkah ke tahap yang baru. Apa yang ada ya di tahun depan? hmmm…. [woooww.. jadi mulai melankolis nih!!]
Sebenarnya sedikit agak ketar-ketir juga begitu sadar sekarang bulan Desember. Begitu banyak rencana hidup yang berubah, mengingat begitu banyaknya kejadian di tahun ini yang membuat rencana-rencana yang sudah tersusun terpaksa harus disusun ulang dan bahkan dilupakan. Belum lagi umur yang berarti akan bertambah lagi dalam waktu 6 bulan ke depan.
Tapi musti yakin. Ya yakin!! Masa lalu menjadi memori sebagai bahan pembelajaran. Masa kini menjadi hal yang harus dijalani. Masa depan merupakan sesuatu di depan yang harus dipersiapkan. Lalu apa yang musti ditakuti? Nggak ada lah!! Memangnya dari tadi gue menyinggung soal takut?

October 17, 2007

cigarette

Posted in a one fine day at 4:07 am by monyet

It has been 5 months.
Last time i did it was 7 years ago.. i was in the third grade of junior high at that time.
Read the rest of this entry »

October 16, 2007

masyarakat, moral, dan agama

Posted in inside my head at 11:47 pm by monyet

Apa hubungan dari masyarakat, moral, dan agama?

Jika berdasarkan opini publik yang berkembang entah sejak kapan, dikatakan bahwa agama membentuk seseorang menjadi pribadi yang memiliki moral. Lalu, dengan banyaknya orang yang bermoral di dalamnya, masyarakat yang bersangkutan dapat dipastikan menjadi sebuah masyarakat yang sejahtera.

Begitu menurut opini publik.

Anda setuju? Read the rest of this entry »

October 15, 2007

me

Posted in a one fine day at 3:12 am by monyet

Well, my days are going like scrambled eggs…
trying not to live like other people
because why?
i hate conformity..
aahh.. i think it’s explaining quite clearly. Read the rest of this entry »